Pantai untuk Introvert

by - Februari 01, 2019

saya tidak setuju dengan macam-macam artikel yang menyatakan dengan segala penelitian, study bla bla bla yang hampir semuanya menunjukan kalau orang yang suka pergi dan relaksasi di pantai adalah seorang dengan kepribadian EKSTROVERT. pantai dinilai dengan segala macam hura-hura keramaian, dengan tipe kepribadian yang energic, talkactive, dan selalu membutuhkan orang lain untuk bersenang-senang.

saya tidak sejutu! meanwhile saya seorang INTROVERT and i love the Beach!! 
tentu saja, saya memang benci dengan keramaian dan tidak suka ke pantai saat weekend dengan full pengunjung. tapi saya suka pantai karena punya alasan sendiri yaitu pantai bisa kapan saja saya kunjungi asal ada mood. kapan saja. . entah itu pulang kerja, weekday, dalam keadaan sedang tidak enak badan atau sakitpun saya bisa ke pantai. bersama teman atau sendiripun bisa. saya merasa aman dan nyaman saja ketika harus ke pantai sendirian. mendengarkan musik di tepi pantai juga salah satu alasan saya kesana. dengan begitu saya bisa benar-benar menjernihkan pikiran. tak peduli dan tak memikirkan ada orang lain yang mengajak bicara. saya lebih suka pantai yang sepi. melihat sunrise ataupun melihat anak-anak berlarian, bermain pasir..
sedangkan jika saya ke gunung. butuh benar-benar pesiapan, badan dan stamina yang prima. kendaraan yang safe. apa lagi kalau mau hicking. butuh persiapan berminggu-minggu bahkan bulanan. menyesuaikan dengan cuaca, mencari rekan hicking (tak mungkin mendaki sendirian kan? apalagi wanita seperti saya, resiko banget) menyiapkan barang bawaan untuk beberapa hari dan menyesuaikan antara jadwal kerja dan cuti liburan dsb.. repot kan?
dengan memandang pantai saya juga merasa kalau dunia terbentang dengan begitu luas. yang membuat saya selalu merenung. begitu banyak tempat yang belum pernah saya kunjungi, begitu luasnya dengan banyak orang yang belum saya kenal. banyak ilmu yang belum saya pelajari dan hal-hal yang belum pernah saya coba dan lakukan. dunia begitu luas dan hidup masih panjang. tak perlu lah saya memikiran masalah yang kecil dibandingkan dengan besarnya alam semesta yang Tuhan telah ciptakan. entah kenapa saya selalu merasa seperti itu jika memandang lautan.
saya teringat dengan lagunya Lana Del Rey "13 Beaches" yang menceritakan tentang pantai dan kebebasan. Lana Del Rey juga seorang introvert dan banyak sekali lagu-lagu yang menceritakan tentang pantai. tapi 13 Beaches begitu istimewa buat saya, karena disitu Lana menceritakan bagaimana saat musim panas lalu mengunjungi 13 pantai sekaligus hanya untuk memilih 1 pantai yang benar-benar sepi pengunjung dan tanpa paparazzi. supaya benar-benar bisa mendapatkan privasi dan merasakan kebebasan.

..I don’t belong in the world, that’s what it is
Something separates me from other people
Everywhere I turn, there’s something blocking my escape..

You May Also Like

0 comments