Pesta pernikahan Ideal

by - Januari 01, 2019

Prince Harry and  Meghan Markle
bulan lalu, Indonesia di gegerkan dengan pernikahan crazy rich surabayan yang super mewah dengan souvenir emas dan doorprize jaguar yang menarik perhatian media, tertutama infotaiment.
beberapa bulan yang lalu dunia juga di gegerkan dengan pernikahan kerajaan Inggris antara Pangeran Harry dengan actress asal Amerika Meghan Markle yang bernuansa classic fairytale, gaun putih berbuntut panjang, dekorasi indah bunga-bunga sepanjang ruangan, anak-anak lucu menaburi bunga menuju altar, pengiring musik dengan orchestra megah yang bikin mata saya berkaca-kaca menontonnya karena sangkin indahnya, abis itu pasangan pengantin menaiki kereta kencana dan berkeliling kota. atau pesta pernikahan Nick Jonas dan actress India Priyanca Copra yang juga super mahal dengan di adakan selama beberapa hari, beberapa upacara adat, beberapa pameran budaya, sampai bikin netizen bosan sendiri dengan berita pesta-pesta nya yang tiada henti. hmm kelau mereka yang mengadakan pesta sih wajar saja ya di buat mewah karena mereka bukan orang-orang sembarangan. lah kalau orang-orang seperti saya? buat apa? dan niat mau menunjukan apa ke masyarakat? hahaha

beberapa hari yang lalu saya menghadiri pernikahan teman saya, saya tahu dari dulu sudah bertahun-tahun lamanya teman saya ini memimpikan pernikahan yang wah. dan pastinya sudah menabung sangat lama untuk mengadakan pernikahan yang menurut saya hidangan, riasan, furnitur, hiasannya level kelas atas di lingkungan kampung saya. dengan gebyog luas, kursi pengantin yang besar dan band pengiring akustik yang lumayan enak di dengar. namun pestanya tidak seperti apa yang saya bayangkan, pager ayu memberika souvenir dan menyuruh mengisi daftar tamu, setelahnya hanya diam tanpa basa-basi mempersilahkan masuk atau apa, anggota keluarga tidak ada yang mengajak berjabat tangan dan mempersilahkan makan (entah malu atau gimana, bingung sendiri) padahal banyak bridesmaid yang berlalu lalang dengan makeup dan kebaya namun tak mengucapkan dan menyambut apa-apa. what kind of party is this? kalau pestanya terlalu mewah juga tamu berasa seperti orang asing. atau mungkin saya hadir di waktu yang salah kali yah hmmm..

Menikah adalah momen penting dalam kehidupan setiap manusia. di momen ini pulalah pasangan akan merasakan kebahagiaan yang tak terkira. Selain pasangan yang menikah, sanak keluarga pun akan merasakan kebahagiaan yang sama. mungkin alasan itulah yang membuat banyak orang, khususnya di sekitar memilih untuk menggelar pesta pernikahan yang meriah. tujuannya demi bisa mengabarkan dan berbagai kebahagiaan dengan orang lain. saya bukannya sirik dengan kehidupan orang lain, ya terserah mereka sih, uang mereka ya hak mereka mau di pakai buat apa. namun saya pribadi adalah orang yang tidak suka pesta berlebihan, tidak mau menghabiskan banyak uang untuk di puji orang lain namun boros dan menyiksa kantong sendiri. karena inti pernikahan adalah doa, kenapa harus mewah-mewah? ya kan?

jika saya menikah nanti, keinginan saya hanyalah supaya bisa berleluasa mengobrol dengan tamu tanpa menjadikan mereka seperti orang asing di tengah kerumunan tamu-tamu yang mereka tak kenal. lagi pula apa artinya pesta mewah-mewah? toh, tamu yang hadir paling lamanya cuma setegah jam lalu pergi tanpa memberikan kesan apapun. jadi tidak perlu lah menghabiskan banyak biaya, padahal tamu yang datang hanyalah untuk tujuan "sebentaran saja, abis makan pulang dsb" atau pastinya juga bakalan banyak tamu yang tidak datang dan hanya sekedar menitip amplop lol maksud saya menulis seperti ini bukanlah untuk menunjukan kalau saya ini pelit dan merendahkan tamu tapi saya hanya menginginkan pernikahan yang sederhana, yang intimate.

tanpa foto prewedding super mewah mengenakan gaun pengantin (belum ijab qobul kok pake gaun pengantin? aneh saja). tanpa cetak undangan mahal dengan sampul foto prewedding dan semacamnya yang tidak berguna karena ujung-ujungnya undangan hanya di foto dan di sebar lewat sosmed lol
pesta mewah meriah dengan band pengiring yang tidak terlalu menghibur tamu karena tidak semua orang punya selera musik yang sama, tidak harus berhutang ke bank untuk sebuah pernikahan yang hanya 2-3 hari lalu selanjutnya di bebankan dengan angsuran bulanan setelah menikah. tidak perlu memoles make up dan maching baju semua anggota keluarga wanita, teman-teman dsb sebagai bridesmaid dengan perias pengantin dengan hasil yang super cantik kemudian mereka tidak fokus untuk menyambut tamu, melayani pengantin dll karena sibuk memperhatikan dandanan, baju yang dikenakan apakah bagus untuk di foto dan berselfie ria.

dengan menggelar pesta pernikahan sederhana artinya pasangan pengantin akan bebas memfokuskan keinginan dan moment indah sesuai dengan kehendak mereka. buat saya, yang paling penting kehidupan setelah pernikahan itu seperti apa. apa artinya di buat megah untuk memuaskan tamu tapi hasilnya tidak seperti apa yang di bayangkan dan tidak puas untuk diri sendiri. dari pada menghabiskan uang untuk pesta pernikahan mewah, mendingan pestanya sederhana saja dan sisa biayanya bisa buat traveling bareng sama pasangan atau honeymoon kan lebih intimate, atau untuk modal dan membeli sesuatu sesuai kebutuhan.

karena yang paling penting bukanlah pesta pernikahan yang mewah, namun pernikahan yang sakral dan menjalankan ibadah Allah. dan kehidupan setelah pernikahan yang justru akan luput dari perhatian orang-orang, lebih dari sekedar hari yang mereka sempatkan untuk hadir di pesta sekejap saja..

You May Also Like

0 comments