album terbaik 2014

by - Januari 15, 2015

haloo.. akhirnya 2014 sudah berakhir. berikut ini saya akan mereview album terbaik yang selama di rilis tahun 2014. saya sebut album terbaik, tentu saja menurut music taste saya sendiri. bukan adaptasi dari situs musik manapun hehe

1. Within Temptation - Hydra

Within Temptation - Hydra
band ini selalu menjadi band favorite saya, meskipun banyak die hard fans nya mengkritik akan perkembangan musiknya yang seakan terus menjauhi genre Symphonic Metal yang telah membesarkan namanya. awalnya jujur saya kecewa setelah tau Within Temptation merilis album Symphonic Rock / Progressive Rock. tapi setelah saya dengar berulang ulang. well, it's not that bad.. Metal dan Rock bedanya tipis kan? bahkan album ini jauh lebih baik dari album sebelumnya The Unforgiving (2012)
Within Temptation masih mengusung influence album album Metal mereka yang dulu, mereka tau bagaimana menempatkan symphonic effects yang membangun atmosphere dan sentuhan cinematic yang dari dulu mereka bangun, meskipun mereka terus berevolusi genre di tiap album.
meskipun saya lebih suka album album yang dulu, namun album ini juga tidak mengecewakan sama sekali. Within Temptation sendiri mengaku album ini sangat berbeda terutama dari segi instrument gitar yang paling berat dari sepanjang karier mereka. seperti lagu "Silver Moonlight", "Covered by Roses", "Paradise (What about Us)" dan lain lain yang masih terdengar mendekati Metal seperti usaha Within Temptation untuk meyakinkan penggemarnya bahwa mereka tidak lupa bagaimana asal usul musik mereka. dan yaah menurut saya itu berhasil!
berkat album ini Within Temptation juga semakin sukses dengan debut album no. #12 di Billboard album 200 di minggu pertama
favorite track : Covered by Roses, Silver Moonlight, Paradise (What About Us?), The Whole World Is Watching, Dangerous, And We Run, Let Us Burn, Dog Days.

2. Within Temptation - Let Us Burn (Elements and Hydra Concert)
Within Temptation - Let Us Burn (Element and Hydra in Concert)
di bulan Mei 2012, Within Temptation merayakan anniversary karrier mereka yang genap 15 tahun dengan mengadakan konser megah mereka yang bertajug "Element" namun konser tersebut tidak di rilis versi live album nya maupun DVD nya. maka dari itu menurut keinginan penggemar Within Temptation merilis live album dan DVD yang merupakan gabungan Hydra tour dan Element. hasilnya? keren banget :)
saya suka sekali meskipun lagu lagunya kebanyakan di ambil dari album Hydra. namun lagu lagu lamanya juga di aransemen lebih modern dan vokal Sharon Den Adel tetap terdengar seperti dulu.
favorite track: The Promise, Candle, The Whole World is Watching, Mother Earth, Stand My Ground, Angel, Our Solemn Hour, Covered By Roses dll

3. Christina Perri - Head or Heart
Christina Perri - Head or Heart
Christina perri memang jagonya bikin lagu lagu galau, meskipun album ini merupakan bukan album patah hati. namun nuansa melankolis masih saja melekat pada dirinya. seperti judul albumnya album ini merupakan ekspresi kebingungan dalam sebuah hubungan. apakah cinta lebih perlu menggunakan hati? atau memakai pikiran?
favorite track : Human, Run, Burning Gold, The Words, Sea Of Lovers, Be My Forever feat Ed Sheeran, One Night, Butterfly dll

4. Sam Smith - In The Lonely Hour
Sam Smith - In The Lonely Hour
Sam Smith merupakan penyanyi yang banyak di bicakaran tahun 2014 lalu, awalnya saya tidak begitu menyukai single "Stay with Me" yang melambungkan namanya. namun saya baru sadar lagu lagunya benar benar bagus setelag single "I'm Not The Only One" dirilis. oh God suaranya.. saya hampir menyukai semua lagu lagu di album ini.
favorite track : I'm Not The Only One, I'Ve Told You Now, Life Support, Stay With Me, Money On My Mind, Leave Your Lover, Like I Can dll

5. Iggy Azalea - The New Classic
Iggy Azalea - The New Classic
dulu, saya tidak begitu menyukai musik Hip Hop, Rap dan semacamnya. mungkin saya menyukai R 'n B tapi tidak sespesifik Hip Hop. namun Iggy Azalea merupakan pengecualian untuk saya. sejak single Fancy feat Charlie XCX di rilis dan menjadi jawara di tangga lagu Billboard saya benar benar menyukai karyanya. menurut saya vokal Iggy yang terdengar Manly, ngRap dengan lebih santai dengan aksen bahasa inggris yang unik membuat lagu lagunya Easy Listening di kuping saya.
meskipun banyak yang meragukan kemampuan Rap nya, dan sekarang dia selalu menjadi pemberitaan media karna berbagai sensasi, kurangnya menjaga ucapan di masa lalunya yg cap Rasis yang membuatnya menjadi Bully-able. well, saya tetap menyukai karya karyanya walaupun tidak semuanya.
favorite track : Fancy feat Charlie XCX, Work, Bounce, Black Widow, Change your Life feat TI, Don't Need Y'all dll

6. Iggy Azalea - Reclassified
Iggy Azalea - Reclassified
album ini merupakan album Reissue dari album debutnya "The New Classic" yang sukses, yang mengandalkan single "Heavy Crown feat Ellie Goulding" yang menjadi Soundtrack Film Kingsman: The Secret Service Kingsman yang akan rilis februari 2015. dan album ini juga mengandalkan single "Beg For It feat MO" yang sayangnya batal dirilis music videonya.

7. Sia - 1000 Forms Of Fear
Sia - 1000 Forms of Fear
misterius, puitis, emosional. ya itulah yang bisa saya gambarkan album ini. Sia benar benar musisi yang unik dan punya ekspresi seni yang tinggi. lirik lirik lagunya begitu dalam seperti menyerukan sebuah penderitaan, ketakutan dan rasa sakit namun di sampaikan dengan cara yang feminist, indah dan puitis.
favorite track: Big Girls Cry, Chandelier, Elastic Heart, Dresess in Black, Free The Animal, Burn The Page dll

8. Lana Del Rey - Ultraviolence
Lana Del Rey - Ultraviolence
jujur sebelumnya saya lebih mengharapkan Lana Del Rey merilis album yang tidak jauh berbeda dengan album debutnya "Born To Die" yang bernuansa Tropikal dengan Orkestra megah. dengan lirik yang indah penuh metaora yang terkesan Glommy, di tambah dengan penampilan dia yang Retro Classic 60'an.
namun album Ultraviolence ini ternyata sangat jauh berbeda dari perkiraan saya yang musiknya lebih ke Blues Rock namun masih berkesan Sinematic dan lebih bernuansa Dark.
favorite track : West Coast, Ultraviolence, Shades Of Cool, Sad Girl.

9. Frozen Soundtrack
Frozen Soundtrack
siapa yang tidak tahu dengan film animasi disney yang populer tahun lalu ini? filmnya yang sangat begitu populer, soundtracknya pun laris manis. yang berhasil memenangkan penghargaan Oscars dan mendapat banyak begitu nominasi di ajang penghargaan berkelas.
yup, memang tidak di ragukan lagu soundtracknya memang bagus bagus.
favorite track : Let it Go (Idina Menzel Version), Let It Go (Demi Lovato Version), Love is an open door, Do You Wanna Build The Snowman, For The First Time and Forever dll

10. Ariana Grande - My Everithing
Ariana Grande - My Everything
Ariana semakin menunjukan kedewasaannya dengan berpenampilan lebih berani di album ini, kalau sebelumnya dia belum melepas imej disney yang cute menjadi wanita yang lebih dewasa dan here is it.. it's time to Ariana untuk menunjukan revolusi musik dan penampilannya. kalau dulu albumnya lebih terdengar Classic dengan beberapa track yang menunjukan warna vokalnya yang wah khusunya saat lagu Ballad ataupun bernyanyi di nada tinggi. nah di album ini Ariana lebih mengusung R 'n B 90'an
favorite track: Problem feat Iggy Azalea, Break Free, Bang Bang, Love me Harder, Best Mistake dll

11. John Legend - Love In The Future World
John Legend - Love In The Future World
setiap orang pasti akan tepesona mendengarkan suara John Legend yang membius dengan menyanyikan lagu yang lirik nya indah seperti All of Me, You And I (Nobody In The World) yah.. termasuk juga saya. album John Legend kali ini masuk daftar favorite saya karena lagu lagu dan suaranya yang berhasil menenagkan hati saya.

12. Selena Gomez - For You
Selena Gomez - For You
ini merupakan album kumpulan lagu lagu Greates Hits Selena, tentu saja lagu lagu yang dulu sudah pernah di rilis. dengan mengandalkan single "The heart Want What It Wants" yang menurut saya sangat indah dan jujur dalam lirik. setiap orang pasti pernah merasakan cinta buta, walaupun sering disakiti, walaupun orang yang di pikirkan tidak layak mendapatkan dari cinta kita. walaupun kita punya ribuan alasan logis untuk meninggalkannya namun hati tetap saja menginginkan apa yang ia mau. begitulah yang Selena ingin sampaikan.

13. Cher LLoyd - Sorry I'm Late

Cher LLoyd - Sorry I'm Late
mantan finalis X Factor ini semakin menunjukan kulaitasnya di dunia entertaiment dengan merilis album keduanya Sorry i'm Late. meskipun album ini tidak sesukses album pertamanya namum menurut saya album ini cukup berhasil dan cukup menarik seperti album pertamanya.
favorite track: I Wish feat TI, Sirens dll

14. Lea Michele - Louder
Lea Michele - Louder
pada awalnya saya tertarik dengan album ini karena Christina Perri menuliskan satu lagu untuknya yang berjudul "Empty Handed" dan merupakan favorite track saya di albumnya.
menyanyi bukan hal baru lagi untuk Lea Michele karena dia sudah terbiasa rekaman dan mengisi lagu untuk serial TV Glee dan ya memang album ini menurut saya juga cukup menarik.
favorite track: Empty Handed, Louder, Cannonballm If  You Say So dll

You May Also Like

0 comments