antara Popok kain tali, Diaper dan Clodi : kelebihan & kekurangan

by - Oktober 12, 2022

 

this picture belong to orami
pada saat ketika saya hamil, saya sering rembaca review dan ulasan dari berbagai pengalaman ibu-ibu yang merawat anaknya dengan berbagai perbedaan dan caranya sendiri. ada yang menggunakan popok kain tali, Diapers (popok sekali pakai) ataupun Clodi (Cloth Diaper) atau lebih dikenal dengan popok yang bisa di cuci dan ramah lingkungan. dan pikiran saya langsung ingin memilih Clodi (Cloth diaper) karena pikir saya walaupun harganya cukup mahal, namun bisa terus bergantian di pakai setelah cuci jemur. Clodi juga tidak mencemari lingkungan. saya pun membeli beberapa Clodi untuk bayi saya nanti. kemudian saat yang dinantikan pun tiba, ketika anak saya dilahirkan tidak langsung di pakaikan Diaper ataupun Clodi. namun menggunakan popok kain tali, karena perawat di rumahsakit pada saat itu juga mencarikan popok kain tali ketika anak saya mau di mandikan. bukan hanya lebih aman dengan tubuhnya juga yang masih mungil, namun juga umumnya bayi baru lahir menggunakan popok kain tali.
kebiasaan di rumahsakit juga terbawa sampai rumah, bayi saya menggunakan popok kain tali sampai lebih dari 40 hari. di usia segitu bayi baru lahir sering sekali pipis, sering kentut cepirit dan BAB. jadi kami sering sekali mengganti popoknya sehari total bisa 7-10 kali. sekali si bayi merasa tidak nyaman di urusan belakangnya, dia pasti menangis karena tidak betah dan minta di ganti setiap waktu. lama kelamaan menggunakan popok kain tali tidak efektif sama sekali, karena harus di alasi dengan perlak dan bayi sering kali rewel setiap kali popoknya basah.

lewat dari usia 40 hari, bayi saya sudah tidak bisa lagi di pakaikan popok kain tali karena badannya sudah kian menggemuk, pahanya mulai membersar dan ketika di pakaikan popok kain tali akan selalu melorot. kemudian saya pakaikan Clodi namun ukurannya masih terlalu besar untuk newborn dan saudara saya bilang ukuran Clodi yang saya beli itu hanya bisa di pakai ketika usia 6 bulan keatas. duuh.. padahal ketika saya beli dengan keterangan bisa pakai dari newborn. haa!

saya putuskan untuk pakai Diapers sekali pakai. yay!
lagi pula banyak saudara yang mengkado dengan Diapers ukuran S jadi akan sayang jika tidak segera di pakai karena keburu nanti bayi saya cepat besar untuk memakai ukuran S. sebulan, dua bulan, tiga bulan.. akhirnya saya menemukan kenyamanan menggunakan Diapers karena tidak perlu cuci-cuci, praktis langsung buang. tidak perlu pula mencuci setiap hari, tidak perlu menghawatirkan cuaca mendung karena cucian lama kering dsb. lebih hemat tenaga, hemat sabun dan air. banyak sekali ibu-ibu yang mengkritik saya karena menggunakan Diapers 24 jam karena kasian rawan ruam dsb. lagipula menurut saya mau ruam atau lecet tergantung ibunya juga sih. jadi jangan menggunakan Diapers terlalu lama dan terlalu penuh. disarankan ganti setiap 4 jam, dan kalaupun sampai ruam gunakan rash cream setiap nappy change.
dan akhirnya anak saya berusia 6 bulan.. tersirat di pikiran mau di apain ya ini Clodi (Cloth Diapers)? sayang sekali sudah di beli semenjak hamil, namun belum di pakai hahaha. langsung pikiran saya tertuju sudah terlalu nyaman dengan Diapers yang tinggal buang sekarang begitu magernya cuci-cuci menggunakan Clodi. tapi tetap akhirnya saya pakaikan ke bayi saya, untuk selang-seling mengurangi penggunaan Diapers biar lebih ngirit pengeluaran. ketika saya menulis ini anak saya tepat berusia 7 bulan, dan setelah 7 bulan menjadi Newmom.. bisa saya simpulkan apa saja kelebihan menggunakan popok kain tali, Diapers dan Clodi berikut ini :

1. Popok kain tali

kelebihan 
  • harga murah
  • aman untuk newborn
  • lebih nyaman karena tidak bulgi
  • meminimalisir ruam dan iritasi, karena tidak menumpuk cairan
kekurangan
  • tidak bisa di pakaikan untuk bayi lebih dari kira-kira usia 40 hari / hampir 2 bulanan
  • harus cuci-cuci
  • bayi sering rewel, ketika popok kain talinya basah/kotor
  • tidak bisa di pakai untuk bepergian
2. Diapers (popok sekali pakai)

kelebihan
  • bayi lebih anteng karena nyaman karena cairan langsung terserap dan masih terasa kering
  • praktis. tidak perlu cuci-cuci
  • hemat tenaga, air dan sabun
  • bisa di pakai untuk bepergian
kekurangan
  • boros, karena harus beli terus menerus
  • rawan ruam/iritasi
  • menjadi limbah yang tidak ramah lingkungan
  • terlihat bulgy
3. Clodi (Cloth Diapers)

kelebihan
  • bisa di pakai berulang-ulang dan bisa diwariskan
  • tidak bocor (karena dilapisi dengan insert seperti handuk)
  • model lucu-lucu
  • tidak mencemari lingkungan
kekurangan
  • harga lebih mahal
  • tidak di sarankan untuk digunakan pada saat bepergian
  • ribet, harus cuci-cuci

You May Also Like

0 comments