Blackmores Vs Folamil Genio? memilih vitamin saat hamil

by - November 19, 2021

 

saat menulis ini, saya tidak menyangka kalau kehamilanku sebentar lagi akan menginjak usia 25 minggu.. banyak hal yang sudah saya lalui hingga sudah melewatkan proses lebih dari setengah perjalanan kehamilan saya, dari dokumentasi dan hal-hal yang ingin sekali saya bagikan.. pregnancy merupakan salah satu hal yang indah & kompleks.. tidak terasa waktu cepat bergulir dan sebentar lagi saya akan menjadi seorang ibu. 

berawal saya memeriksakan kandungan ke bidan waktu usia kehamilan 6 minggu 4 hari, kemudian saya di resepkan Afolat, Calsifar dan Folic acid untuk satu minggu. setelah vitamin terebut habis, saya mulai kebingungan akan meminum apa lagi, sempat menkonsumsi susu hamil namum hanya habis 1 box untuk satu minggu dan tidak meneruskan lagi, karena saya pikir tidak ingin menambah kenaikan berat badan yang drastis karena susu mengandung banyak gula.

usia kandungan 8 minggu, saya memeriksakan ke dokter spesialis kandungan, USG dengan konsultasi kalau saya ini sering sekali mengalami kram perut yang benar-benar menggangu aktifitas bekerja juga istirahat. saya bilang vitamin sudah habis, kemudian dokter meresepkan saya Folamil Genio bersama dengan Folavit 400 mcg untuk konsumsi satu bulan.

ketika usia kehamilan saya mulai menginjak usia 4 bulan, vitamin dari Spog mulai habis dan saya googling mana rekomendasi Vitamin yang bagus untuk Ibu hamil. maka pilihan saya jatuh ke Blackmores Pregnancy & Breastfeeding karena memang sudah terkenal bagus review-nya.

jika ditanya mana vitamin yang lebih baik maupun yang terbaik? saya rasa semua sama saja, karena suplemen kehamilan memang sudah di formulasikan mana-mana nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. sekarang saya lebih memilih Blackmores Pregnancy & Breastfeeding karena bisa di konsumsi disemua usia kehamilan sampai menyusui. namun, Blackmores kandungan nutrisinya lebih banyak, dosisnya lebih tinggi dibandingkan dengan Folamil Genio yang harus ditambahkan Asam Folat lagi, seperti yang di resepkan Spog kepada saya.

ketika usia kehamilan saya mulai menginjak usia 5 bulan, saya menambahkan Blackmores Vitamin D3 1000 IU. karena untuk menunjang pertumbuhan tulang dan gigi janin saya. karena memang saya jarang dan malas sekali untuk berjemur.

bagaimana jika tidak minum susu? dan juga tidak minum vitamin?

keduanya tidak masalah, asalkan kebutuhan nutrisi tercukupi dari makanan. yang paling penting memang makanan, susu dan vitamin hanyalah kebutuhan penunjang jika merasa makanan yang dikonsumsi belum mencukupi kebutuhan untuk perkembangan janin. tapi bagi saya vitamin sangatlah penting, karena saat hamil muda sudah mengalami lonjakan hormon dengan gangguan kesehatan lainnya, sampai ada beberapa calon ibu yang picky dan tidak nafsu makan sama sekali. maka disinilah peran vitamin itu sendiri. jika ibu hamil kekurangan nutrisi penunjang kehamilan maka bisa berakibat fatal karena bisa mengakibatkan anemia, preklamsia juga pengeroposan tulang. dan perkembangan janin juga bisa terganggu.

hmm saya hanya berharap semua yang saya lakukan merupakan yang terbaik buat anak saya dan tumbuh kembangnya. semoga dilancarkan bukan hanya pada saat persalinan juga dalam pemberian asi. amin.

You May Also Like

0 comments