14 Pelajaran Hidup dari " ORANGE IS THE NEW BLACK "

by - Oktober 28, 2015



kali ini saya akan bahas salah satu Tv series favorite saya. yup, "Orange Is The New Black" judulnya begitu unik dan langsung bisa di tebak apa tema filmnya. pertama saya mengenal Tv Series ini karena Regina Spektor yang mengabarkan kalau Dia akan mengisi Sountrack untuk Tv series ini, setelah saya dengarkan beberapa kali saya baru sadar ternyata langunya tentang kriminal yang masuk penjara. sesuai dengan cerita Tv series ini sendiri, yang menceritakan segala macam drama tahanan di penjara dengan berbagai latar belakang kriminalitasnya. saya kira dengan berlatar di penjara Tv series ini akan bergenre Action, Thriller atau Crime. ternyata saya salah dan genrenya adalah Comedy, Drama dan Crime. I Love Drama!

pemeran utama film ini adalah wanita bernama Piper Chapman, yang mendatangi Penjara atau bukan penjara seperti di indonesia ya. lebih tepatnya seperti tempat pemberdayaan wanita, agar mereka bisa hidup teratur dengan pembagian tugas masing masing. ada yang bertugas di bagian Listrik, Laundry, Salon, Bersih bersih, Memasak, Supir, Perpustakaan dan lain lain. tentu saja semuanya di lingkungan penjara. selama mereka melakukan tugas dengan baik mereka akan selalu disana selama masa tahanan berakhir.
jika ada yang melanggar peraturan, siap siap saja mereka menerima hukuman dibawa ke SHU beberapa hari, penjara dengan ruang sempit dengan makanan ditak layak, bahkan tidak dikasih makan berhari hari. atau jika ada yang mengalami masalah kejiwaan, mereka akan menerima hukuman Psycologis. yang lebih parahnya lagi jika mereka melanggar peraturan menyimpan narkoba atau barang selundupan berbahaya mereka akan di pindahkan ke MAX yaitu penjara yang lebih kejam.
Piper Chapman menyerahkan diri ke penjara di dampingi pacarnya Lary, atas tindakan kriminalnya pernah berurusan dengan bandar narkoba dan mencuci uang hasil penjualan narkoba. disana dia mencoba beradaptasi dengan lingkungan penjara, ada yang ramah, ada juga yang tidak sama sekali! awalnya Piper bersikeras pasti akan bisa beradaptasi selama masa hukumannya berahir. namun, dia begitu kaget setelah di penjara ia bertemu dengan Alex Vause. Piper merasa ia berada dalam neraka, tidak tahu apa yang akan dia perbuat selama disana. karena Alex Vause adalah pasangan lesbiannya dulu sekaligus Tim ketika menjalani berbagai aksi kejahatan dengan narkoba dahulu. Piper akan selalu setia pada Lary (cowok) pacar barunya.. dan akan melupakan orientasi seksualnya yang dulu Biseks menjadi cewek normal dan senantiasa menjaga hubungan dengan Lary meskipun ia berada dalam penjara. berhasilkah Piper beradaptasi dengan lingkungan barunya dengan kehadiran Alex disana??

Alex and Piper
jujur saja, setelah saya mengikuti series ini selama 3 Season berturut turut saya begitu Lelah dengan Drama Lesbian antara Alex dan Piper! sayangnya Piper peran utama di series ini yang tidak bisa di singkirkan (ups sorry Piper's fans :p ) saya lebih tertarik dengan Drama kehidupan Tahanan lainnya. banyak karakter unik yang punya kehidupan menarik dari pada mengikuti Drama Lesbiannya Alex dan Piper terus menerus yang terus di bolak balik tanpa ujung. Piper juga orangnya susah di tebak, dia lebih Egois dan Manipulatif..

dan tenang saja, Series ini tidak melulu bercerita tentang satu karakter.. tapi banyaaak sekali karakter yang lebih menarik. yang saya paling sukai dari series ini adalah pengembangan karakter itu sendiri. dengan berlatar di penjara, satu per satu tahanan di ungkap apa sebenarnya dibalik kehidupan mereka yang membawa mereka menjalani hukuman.. I Love it!!

dan pelajaran hidup yang saya dapatkan setelah menonton ini adalah ~~~~

1. Pria baik pantas mendapatkan Wanita yang lebih baik
Lary and Piper
Lary adalah Pacar Piper, yang selalu setia dan begitu baik. Lary juga senantiasa mengunjungi Piper secara rutin ketika weekend. Piper tadinya berjanji, meskipun Dia Biseksual akan membiasakan diri menjadi wanita berorientasi seks Normal. namun apa yang Piper balas terhadap Lary? Piper kembali menjalin hubungan dengan pasangan lesbiannya di Penjara yaitu Alex.. dan mereka semakin dekat dan intim. ketika Lary memutuskan Piper lewat telfon. i was like.. here you go, Man! kamu pantas mendapatkan yang lebih baik.. dan ternyata, Lary berhasil menjalin hubungan dengan sahabat Piper yang bernama Polly. mungkin bagi Piper itu tindakan seperti menyakitkan dan penghianatan Polly sebagai sahabatnya sendiri. tapi saya rasa Lary pantas mendapatkan wanita yang lebih baik yang tidak plin plan seperti Piper.

2. Don't Judge a Book by it's Cover
Suzanne Warren / Crazy eyes
karakter favorite aku so far :) Suzanne Warren atau selalu di panggil Crazy Eyes. matanya mungkin menyeramkan dan orang akan selalu menganggap dia aneh. ketika Piper baru saja masuk penjara, Suzanne selalu mengikuti Piper kemana saja dengan tingkahnya yang aneh. Suzanne seorang Lesbian yang menganggap Piper sebagai Wife-nya dan itu sangat Lucu.. Suzanne selalu aneh, dia seperti mengidap Autisme atau sakit mental lainnya. penyebab dia masuk penjara adalah karena kekerasan, dia tak sengaja "kambuh" dan memukuli tetangganya. di balik sikapnya yang selalu aneh dan gila.. masa kecilnya begitu memprihatinkan. dari kecil dia sebagai anak berkulit hitam yang di adopsi keluarga berkulit putih, namun ibu angkatnya selalu sayang padanya walaupun dia berbeda dan punya kekurangan, walaupun ia selalu dikucilkan orang dan tak punya teman. namun ibunya selalu memaksanya untuk melakukan hal hal yang ia tidak suka untuk menunjukan ke orang orang kalau dia pintar, berbakat dan lain sebagainya. sehingga membuat perasaan traumatis menghantui sampai ia dewasa.
kebiasaanya ketika dia tidak berhasil melakukan sesuatu, ia selalu meyalahkan diri sendiri, merasa bodoh dan memukuli diri sendiri. di saat malam, ketika pikirannya sedang kacau ia suka mengepel lantai sendirian. karena menurutnya dengan membersihkan seuatu pikirannya menjadi ikut bersih. mungkin dia selalu di anggap aneh, namun di Season 3 dia amat dicintai teman temannya apalagi saat dia membuat Cerpen Erotis yang di bumbui Fiksi. teman temannya sampai menganggapnya seniman yang selalu di tunggu lanjutan cerita dari karyanya hahahah di Orange Is The New Black, saya juga di ajarkan untuk tidak menilai orang dari penampilannya. walau bagaimana pun Suzanne adalah seorang wanita yang penyayang dan baik hati.

3. Tidak Mudah menjalani Hidup sebagai Transgender
Sophia Burset
Sophia Burset, yang dulunya seorang laki laki normal. sudah mempunyai istri dan anak laki laki. namun entah kenapa, sepertinya menjadi laki laki merupakan bukan jati dirinya yang sebenarnya. bahkan istrinya juga sangat sedih setelah Sophia memutuskan untuk menjalani operasi ganti kelamin (menggunakan uang hasil mencuri kartu kredit yang membuatnya menjalani hukuman di penjara). namun Istrinya tidak punya pilihan lain selain mendukung Sophia menemukan Jati Dirinya. meskipun hal itu juga menghancurkan hubungannya dengan anak laki lakinya yang mulai beranjak dewasa. hal itu juga beralasan mengingat Anak Laki lakinya juga menerima hukuman sosial yang terus menghakiminya karena Ayahnya berubah menjadi Wanita.

kehidupan mereka tidaklah mudah dari berbagai diskriminasi dan cemoohan orang lain, seperti Sophia yang seharusnya menjalani terapi hormon, setelah dia menjalani Operasi ganti kelamin, otomatis Testinya di potong dan tubuhnya tidak lagi memprosuksi suatu Hormon. kalau tidak meminum obat Hormon secara rutin, kulitnya akan mengendur, berkeringat terus menerus dan tubuhnya terus merasakan seperti wanita Menopouse. hal itu tidaklah mudah, mengingat Sophia hidup di penjara dengan segala macam keterbatasan yang ada, di tambah diskriminasi pengelola Penjara yang menganggap kesehatan dari orientasi seksual Sophia tidaklah penting. di tambah lagi permasalahan Psycologis anak laki lakinya yang beranjak dewasa, bagaimana anaknya harus berfikir dewasa dan menerima bagaimanapun Jati Diri Ayahnya, ketika orang tuanya bercerai, ketika ibunya punya pacar baru, ketika anaknya sudah mulai dewasa dan tertarik pada perempuan, Sophia tetap harus mengajarkannya seperti seorang Ayah pada umumnya.
Orange Is The New Black mengangkat berbagai isu LGBT. dan itu juga membuat saya belajar banyak hal. termasuk untuk jangan sekali kali menghakimi orang orang yang mengalami masalah orientasi seksual dari bawaan lahir.. dan melalui Tv Series ini juga membuka mata saya, bagaimana LGBT juga manusia yang mempunyai hak untuk hidup dan bersosialisasi. hidup mereka sudah berat dan tidaklah mudah, perlakukanlah mereka seperti halnya Manusia pada umumnya.

4. Rasis akan selalu ada

Brook Soso

Soso adalah salah satu Tahanan yang berasal dari Asia. dia selalu mengalami masalah sosial, susah mendapatkan teman karena diskriminasi dan rasis sana sini. karena Amerika sendiri negara yang masih rasis, bukan hanya pada kaum berkulit hitam tapi juga pada orang orang yang berasal dari Asia.
Soso sampai depresi karena tidak mempunyai teman di Penjara, konsultasi pada pihak pengelola penjara pun tidak membantu. yang ada dia selalu merasa depresi sampai akhirnya hampir mati di perpustakaan karena overdosis obat obatan penenang. Poussey menemukan Soso dan memutuskan menolongnya dengan teman temannya seperti Cindy, Tastee, Suzanne. akhirnya Soso di terima berteman dengan Genk mereka, tentu saja Genk wanita berkulit hitam.
Orange Is The New Black juga menghadikan beberapa ras dalam karakternya, ada Gank Wanita berkulit putih, Gank Wanita berkulit hitam, Gank wanita Latin yang seperti perpaduan ras Hitam dan Putih dan mereka punya kulit eksotis itu loh.. ada juga Gank Wanita Lansia, Genk wanita Yahudi dan lain lain.
Orange Is The New Black juga mengajarkan saya kalau rasis memang akan selalu ada, tak hanya di Amerika namun dimanapun ada. pasti akan ada yang mendeskriminasi sosial berdasarkan ras, suku, warna kulit, agama dan lain lain. namun di Series ini saya juga di ajarkan untuk tidak membedakan mereka karena mereka juga manusia yang berhak mendapatkan penerimaan.

5. Cinta bisa menjadi Anugerah, namun juga bisa menjadi Bencana
John Benett and Dayanara Diaz

Dayanara Diaz / Daya adalah salah satu wanita latin tahanan penjara. Daya jatuh cinta kepada John yang merupakan Sipir penjara.. mereka menjalani hubungan terlarang. dan berhubungan intim secara sembunyi sembunyi. sampai akhirnya Daya hamil. Daya tidak mau John berada dalam masalah karena pasti John akan dipecat dalam pekerjaannya.
akhirnya sebelum kehamilannya semakin membesar, Daya mencoba menggoda Sipir lainnya yaitu Mendez / Pornstace yang amat dibenci semua tahanan dan ingin sekali di singkirkan. Daya membuat Mendez jatuh cinta dan berhubungan intim secara sembunyi, sampai akhirnya Mendez berhasil menjadi kambing hitam kehamilannya dan berhasil di pecat. sementara John tetap aman.
Cinta bisa menjadi anugerah, namun bisa juga menjadi bencana. rasa cinta John dan Daya memang tidaklah salah. namun Cinta juga bisa mengubah orang untuk berbuat yang tidak semestinya hanya untuk melindungi orang yang disayanginya.

6. Ibu selalu menyayangi Anaknya, bagaimanapun Sifat dan Keadaannya

Aleida Diaz and Dayanara Diaz
Daya di penjara memanglah tidak sendiri, namun ada Ibunya Aleida Diaz yang di penjara lebih dulu karena bermasalah dengan obat obatan terlarang. Aleida dari dulu bukanlah Ibu yang baik. hidupnya di habiskan untuk Pacaran dan mengejar laki laki sampai Ia mempunyai banyak anak anak dari Laki laki yang berbeda, namun tidak ada yang dia rawat dengan baik. Dia juga Ibu yang Egois, selalu meninggalkan anaknya hanya sekedar untuk bersenang senang. teringat ketika Aleida menitipkan Daya kecil ketakutan di perkemahan beberapa hari, supaya Aleida bisa bebas Liburan dan berkencan.
setelah mengetahui Daya hamil di penjara, dan semua orang mengetahuinya bahwa itu bayi Mendez bukan John. lalu Ibu kandung Mendez mencoba menawarkan bantuan dengan mengadopsi bayi Daya, Ibu Mendez menawarkan banyak uang dan berbagai perawatan bayi yang terjamin. namun Aleida menggagalkan rencananya dengan mengatakan bayi Daya dilahirkan mati dan itu membuat Daya sangat kesal. mengingat bayinya pasti memiliki kehidupan yang lebih baik. Aleida menegaskan bahwa suatu saat nanti Daya pasti akan sadar. tidak ada Ibu yang mau menjauh dari anaknya, walaupun Ibunya mempunyai kehidupan yang buruk, pasti dia akan membutuhkan anaknya. apapun yang terjadi, seburuk apapun keadaanya, walaupun seorang anak itu berada di penjara bersama ibunya.

7. Segalanya Pasti akan Indah pada Waktunya
Lorna Morello
Morello adalah wanita penyanyang yang tidak beruntung. awalnya Morello bertemu dengan Pria bernama Christopher, dan mereka hanya melewatkan kencan semalam. namun Merello begitu Cinta mati padanya, hingga menguntit Christopher kemanapun Pria itu pergi. tidak hanya menguntit, namun Morello begitu terobsesi dengan Christopher dan membuat berbagai kekacauan di hidup Pria tersebut. mulai dengan mencoba menggangu hidupnya sampai berusaha menghancurkan hubungan Christopher dengan Pacar barunya. Christopher mulai gerah dan menjebloskan Morello ke penjara.
di Penjara Morello tetaplah masih terobsesi dengan Christopher, menceritakan kepada semua orang kalau dia bertunangan dengan Christopher dan akan menikah seusai Morello bebas, Morello terus membicarakan tentang persiapan pernikahan. padahal kenyataannya Christopher amat sangat membenci Morello. Kegilaan Morello berakhir saat Christopher akan menikah dengan pacar barunya dan Christopher mengunjungi Morello di Penjara dengan mencaci maki Morello untuk tidak menggangu hidupnya lagi.. di saat itu Morello begitu sangat terpukul dan merasa tidak pantas untuk dicintai. disaat itupun saya juga begitu sedih, Morello hanya wanita penyayang yang ingin di cintai walaupun cara dan obsesinya berlebihan.
namun Kesedihan Morello cepat berakhir di season 3, dengan cara mengundang beberapa Pria tak dikenal untuk mengunjunginya. sampai akhirnya kehadiran Vincent Muchio. Pria yang di temuinya dengan cara Blind Date tersebut membuatnya kembali Jatuh Cinta. Morello dan Vincent menikah di penjara meskipun dengan segala keterbatasan yang ada. yah.. segala sesuatu pasti akan indah pada waktunya hahaha Morello wanita penyayang yang layak mendapatkan Pria baik yang menerima Dia apa adanya.

8. Face it! hadapi kenyataan karena masa depan menantimu..
Tiffany and Big Boo
di season 1, Tiffany adalah Wanita yang paling menyebalkan. dia seorang Christian yang religius dan selalu menghakimi orang yang banyak dosa dan akan mati ke Neraka bla bla bla.. namun jika di pahami lebih mendalam di balik sisi religiusnya, Tiffany punya masa lalu kelam. dia sudah banyak melakukan proses aborsi untuk menggugurkan kandungannya selama beberapa kali.. sampai suster yang Dia temui selalu menghakiminya mengatakan kalau Tiffany sudah berbuat banyak dosa. kesal, akhirnya Tiffany membunuh Suster tersebut menggunakan senapan angin. itulah yang membuatnya menjalani hukuman di penjara.
sampai di season 3 episode Mothers Day. Tiffany menjauh dari kerumunan Tahanan yang mendapat kunjungan dari anak dan keluarganya, untuk menyendiri dan merenungi selama ini Dia sudah banyak menggugurkan kandungan. bahkan anak anaknya belum sempat di lahirkan apalagi di baptis.
Big Boo menghampiri untuk menghibur Tiffany, dan bercerita tentang buku Ekonomi yang Dia baca Freeconomics sebab dan akibat. ada penelitian bahwa pengurangan kelahiran bayi juga mengurangi kriminalitas. atau setidaknya dengan mengaborsi merupakan pilihan orang tua untuk melindungi anaknya dari kesengsaraan dan kekacauan kehidupan yang nanti akan di alami anaknya. poinnya adalah, bukan berarti aborsi merupakan langkah positif. namun Big Boo menyadarkan Tiffany untuk Move On, berfikir positif, dan melanjutkan hidup untuk menjadi orang yang lebih baik.

9. Balas Dendam dengan Cara yang Berbeda
Officer and Tiffany
ketika Morello diberhentikan dari pekerjaannya sebagai Driver yang mengantar Officer keluar penjara untuk suatu urusan, semenjak itu pekerjaan itu jatuh ke tangan Tiffany. namun Apesnya Tiffany mendapatkan pekerjaan tersebut bersama Officer baru yang kurang ajar. Tiffany sering di cabuli setiap mereka di tugaskan keluar. tak tahan, akhirnya Tiffany dan sahabatnya Big Boo merencanakan balas dendam. Officer tersebut dibius dan dibawa ke Laundry rooom, mereka menelanjangi dan menyodokan gagang sapu ke pantat Officer, berharap ketika Dia bangun merasa Trauma seperti Lelaki yang di sodomi pria Gay. namun rencana tersebut kurang membuahkan hasil, Officer tersebut tidaklah kapok dan hanya merasa aneh terbangun di Laundry room dan hanya merasa seperti terkena Ambean.
di esok harinya, Tiffany kembali mengemudi mobil van untuk mengantar Officer keluar, ketika Officer tersebut menyuruh Tiffany untuk "melayani" nya lagi, seketika Tiffany berpura pura terkena penyakit ayan dan membuat mobilnya hilang kontrol dan membuat Officer babak belur terbentur sana sini akibat mencoba mengendalikan mobil. keesokan harinya Tiffany berhasil kehilangan pekerjaannya sebagai Supir, dan itu artinya tidak akan lagi mendapatkan perlakuan buruk dari Officer.
di Orange Is The New Black banyak sekali Scene lucu, dan menurut saya Scene Tiffany yang satu ini bukan hanya Lucu namun juga pintar. hehehe

10. Tidak ada kata Terlambat untuk menjadi orang yang lebih baik

Cindy Hayes / Black Cindy / Tova
Cindy merupakan Tahanan di penjara dengan kasus pencurian, dari pekerjaannya sebagai Security di Bandara, Cindy sering mencuri barang milik Penumpang saat kopernya berada di ruang pemeriksaan.
Cindy punya masa lalu kelam, Dia merupakan orang yang punya kepribadian kasar, egois dan tidak bertanggung jawab. dulu Dia melahirkan seorang bayi dan memberikannya kepada Ibunya untuk dirawat dan mengakui anaknya sebagai Adik kandungnya. Cindy memang orang yang sangat tidak bertanggung jawab, teringat ketika Dia meninggalkan Anak/Adiknya dimobil sendirian selama berjam jam, hanya untuk berpesta Kokain dengan teman temannya sampai lupa waktu.
Cindy merupakan karakter yang sangat Lucu dan segar. walaupun dia sangat kasar dan menyebalkan. sampai akhirnya di Season 3. ada Tahanan baru yang beragama Yahudi / Judaism / Jewish yang hanya makan dengan Kosher Meal. makanan tertentu yang dibuat tanpa susu dan daging (kalau di agama islam namanya sertifikat Halal dalam makanan, kalau agama yahudi namanya Kosher) pihak dapur hanya memberikannya kepada orang Jewish, Cindy sangat menginginkan Kosher Meal di setiap makanannya dan selalu mengaku pada pihak dapur dia beragama Yahudi.
sampai waktu bergulir, bukan hanya tentang makanan, sedikit demi sedikit Cindy belajar tentang agama Yahudi dan merasakan ketenangan batin setelah belajar lebih jauh. di Season 3 episode terakhir Cindy memutuskan untuk pindah agama menjadi Yahudi, namun Pihak Rabbi tidak menyetujui begitu saja. dan alasan Cindy adalah karena menjadi Jewish, Tuhan seperti memberikan kesempatan untuknya di ampuni dan bertaubat. tidak seperti Katholik dari Ayahnya yang Religius, Ayahnya selalu menghakimi dan mengancam Cindy akan mati ke Neraka jika melakukan kesalahan. dan atas masa lalunya yang kelam dengan segala perlakuan buruknya terhadap Ibu dan Putrinya, Cindy masih saja tidak diberikan kesempatan memperbaiki diri seperti semua orang menghakiminya sudah banyak berbuat dosa dan akan masuk Neraka.
dengan menjadi Jewish, Cindy merasa ini adalah langkah awal menemukan kepercayaan diri untuk menjadi orang yang lebih baik..

11. Masa Kecil mempengaruhi Pembentukan Karakter saat Dewasa
Nicky
Nicky, gadis tomboy yang menjalani masa mudanya di penjara akibat kecanduan Narkoba. Nicky punya kepribadian sarkastik, slenge'an dan keras kepala. dari kecil dia tidak pernah mendapatkan perhatian dan kasih sayang dari Ibunya. semenjak orangtua nya bercerai, dari kecil Nicky hidup di temani pengasuh karena Ibunya lebih memilih tinggal jauh terpisah bersama pacar barunya yang tidak suka dengan anak anak. Nicky tumbuh jadi Wanita pemberontak, hidupnya dihabiskan di jalanan, dia juga sering terlibat pencurian, perusakan dan kecanduan narkoba. selain kecanduan Narkoba dia juga seorang lesbian junkie, namun sebenarnya dia punya hati yang baik. hanya saja tidak mendapat kasih sayang dari Ibu nya sedari kecil membuat kepribadiannya menjadi  tak punya sisi lembut.
Orange Is The New Black juga mengajarkan saya bahwa peran Orang Tua ikut andil dalam pembentukan sifat dan karakter manusia saat dewasa. di balik sisi keras Nicky sebenarnya Dia wanita rapuh yang merindukan kasih sayang dari ibunya.

12. Mencoba Hal lain saat Gagal
Red

salah satu karakter favorite saya yaitu Red. wanita Rusia yang di jebloskan ke penjara karena keterlibatannya menjalani aksi kriminal bersama Mafia. Dia tidak sebegitu menyeramkan, justru Dia sangat keren dan punya kepribadian yang Dominan. Red sangat keibuan, ia menganggap Nicky, Morello, Tricia seperti anaknya sendiri. sifatnya yang Dominan yang membuatnya bak Ratu di Penjara, di season 1 - 2 dia sebagai ketua Dapur. kecintaannya terhadap memasak yang membuatnya menjadi dirinya sendiri meskipun berada di penjara. sayangnya Dia kehilangan Pekerjaannya di Dapur gara gara ketahuan selama ini sering menyalah gunakan Dapur sebagai tempat menyelundupkan barang barang dari luar berupa kosmetik dan makanan yang seharusnya tidak boleh di miliki Tahanan.
di season 3 memperlihatkan bagaimana Dia mencoba kembali mendapatkan Dapurnya meskipun tak mudah. sebagai gantinya, Red bergaul dengan Genk wanita lansia dan meminta ijin kepada pihak Penjara untuk membangun kembali Green House yang sudah lama mati mengering. sedikit demi sedikit lingkungan penjara menjadi hijau dan ada perkebunan sayur dan bunga berkat usaha kerasnya.
karakter Red yang begitu kuat di Orange Is The New Black mengajarkan saya untuk mencoba hal lain. jika saya gagal mendapatkan hal yang saya cintai, mungkin bisa mencoba hal lainnya yang juga layak untuk dilakukan.

13. Sesusah apapun hidup pasti akan jauh lebih baik jika bersama sahabat

Poussey and Tastee
yang saya suka dari Orange Is The New Black karena menceritakan bagaimana seorang kriminal pun bisa saling berkembang untuk bersahabat dan menemukan keluarga, meskipun di dalam penjara. yang paling saya suka adalah Genk wanita berkulit hitam yang begitu kompak dan ceria. kalau tidak ada mereka, mungkin saya tidak akan banyak tertawa menonton Series ini.
itu terjadi ketika di season 1 ketika Tastee berhasil menjalani menghabiskan masa hukuman alias di bebaskan. tak lama kemudian Dia berbuat kriminal lagi supaya bisa kembali dijebloskan ke penjara. konyol lol semua itu dilakukan hanya untuk tetap bersama sahabatnya, Poussey. mengingat Tastee cuma anak yatim piatu dan hanya punya persahabatan dengan Poussey yang masih berada dalam penjara. Sesusah apapun hidup kita pasti akan jauh lebih baik jika bersama sahabat. yup!

14. ayo... Bangkit dari Kegagalan! :)
Mr Caputo
Orange is The New Black tidak hanya menceritakan tentang Tahanan nya saja, tapi juga semua karakter di dalamnya. dan yang paling saya sukai adalah Mr Caputo, seorang executive assistant pengelola Penjara. di season 3 diceritakan bagaimana masa lalunya yang pedih. sebelum menjabat menjadi pengelola penjara, Dia merupakan anggota band indie "side boob" yang sedang merintis karier debutnya. Mr Caputo menjadi Bassist dan Vocalist. sampai pada rencana Tour pertama Band-nya pacarnya mengabarkan Dirinya Hamil. dan kehamilan pacarnya bukan dari darah dagingnya, tapi ternyata Anak dari hubungan pacarnya bersama teman Band-nya. Mr. Caputo yang begitu cinta mati terhadap pacarnya, memilih keluar dari Band untuk mendampingi pacarnya yang Hamil meskipun tahu anak yang dikandungnya bukan darah dagingnya. semenjak keluar dari Band, Mr Caputo mulai menjadi Officer biasa di Penjara, belum menjabat seperti sekarang.
too bad, istrinya tidak pernah menghargai usaha dan pengorbanan Mr. Caputo yang sudah merelakan segalanya. Istrinya malah menyalahkan Mr. Caputo yang keluar dari Band-nya yang sekarang sudah sukses besar atas penjualan albumnya. yang dirasakan Mr. Caputo adalah penyesalan, kekesalan selama bertahun tahun karena anggota Band-nya yang dulu sekarang tidak lagi menganggap Mr. Caputo. padahal yang pertama kali membentuk Band, membuat konsep Musik, Lagu dan lain sebagainya adalah hasil kerja keras Mr. Caputo sendiri. bahkan Istrinya pun meninggalkan dirinya untuk kembali ke mantan pacar yang menghamilinya dulu, yaitu salah satu anggota Band tersebut karena dianggapnya lebih sukses dan punya kehidupan yang lebih menjanjikan.
Quotes yang paling saya ingat yaitu "You can't spend your whole life holding the door open for people, and then being angry when they don't thank you. Nobody asked you to hold the fucking door!"
yang merupakan bisa menjadi Pelajaran Hidup bahwa kita tidak boleh terus terusan menyalahkan orang lain atas kegagalan yang kita alami. kita juga tidak boleh terus terusan memendam kesal kepada orang yang tidak pernah berterima kasih atas apa yang sudah kita korbankan.

sebenarnya banyak sekali pelajaran hidup yang bisa di dapatkan dari series ini, namun mugkin saya kali ini menulis 13 point dulu.. kalau ada tambahan lagi akan saya tulis atau entahlah :) mungkin akan ada bahan lagi untuk di tulis setelah Orange Is The New Black Season 4 dirilis tahun depan.. i can't wait!! \o/

You May Also Like

1 comments

  1. Haloo.. saya saya nonton sampe Season 2 nih.. dan itu aja saya udah eneg bgt sama hubungan Alex-Paper.. bosen bgt nontonin mereka berdua :( masih seru kisah2 yg lain dsitu.. kayak politik nya Red dan Vee, galau nya bucin latina Daya & Jhon, dan si gila Tiffany ya ampun walo nyebelin tp dia ngangenin..

    BalasHapus