about Lana Del Rey, berawal dari Video Games..

by - April 26, 2013


mungkin buat di indonesia belum banyak yang mengenal Lana Del Rey, tapi Penyanyi yang mempunyai nama asli Elizabet Woolridge Grant ini jadi pembicaraan media luar negeri dan masuk jajaran musisi yang penampilan di red karpet banyak menyita perhatian..
awal saya mengenal Lana, berawal dari membaca suatu blog yang berisikan review musik tentang Lana Del Rey yang membuat saya penasaran ingin tau dia, seperti apa lagunya.. karena berdasarkan review tersebut ulasannya sangat menarik, menggambarkan musik Lana yang unik terkesan oldies tapi modern, gaya pakaian, make up dan rambutnya yang elektrik 60's, disaat penyanyi penyanyi wanita sekarang tampil dengan keseksian dan Dance di atas panggung, Lana Del Rey cukup tampil berbeda karena mengandalkan vokal Contraltoya yang unik dan penghayatan yang mendalam di setiap lagu..


so, Lagu pertama yang saya dengar yaitu "Blue Jeans", dan respon saya ketika itu kenapa gaya nyanyinya seperti malas malasan banget (hahaha!) dan benar saya, Lana sengaja merendahkan teknik vokalnya (Contralto - vokal wanita terendah) biar dia lebih Stand out dari penyanyi wanita kebanyakan..
setelah saya mendengarkan lagu Blue Jeans berulang ulang saya mulai jatuh cinta dengan musikya..
lagu Blue Jeans juga sangat alam maknanya, tidak cuma lagu Blue Jeans sih.. tapi menurut saya Lana memang sangat pintar merangangkai kata dalam setiap lagunya.. dia banyak menggunakan kata kata puitis, kiasan dan metafora dan Lagu Lana memang bernuansa Gloomy, Sadcore.

Lana del rey : "pada awalnya Sepertinya saya kaget dengan kemana hidup ini membawa saya. Banyak pilihan hidup tak terduga yang harus saya ambil. Kehilangan orang lain dalam hidup, melihat mimpi orang lain yang tidak terwujud, memberi pengaruh kepada saya. Saya merasa cemas untuk orang lain dan untuk diri saya sendiri. Itu satu bagian yang membuat sound musik saya seperti yang dikatakan tadi. Bagian lainnya adalah respek saya terhadap film scores, old cinema dan new cinema. Seperti karya-karya Giorgio Moroder atau soundtrack  “The Godfather”. Saya tergugah dengan musik orkestra yang mewah" - (Lana del rey - hermagz)

perjalanan Karier Lana del rey berawal pada usia 15 tahun dia sekolah di asrama Connecticut sebelum pindah ke New york. pada usia 15 tahun dan belajar metafisik di Fordham univercity "saat itulah pengalaman musikku di mulai" (Lana del rey - Vogue Magz)
Pada usia 20 tahun, Lana menandatangani kontrak US$ 10 ribu atau sekitar Rp 94 juta dan pindah untuk tinggal di trailer dekat dengan kota. Album yang direkam kemudian disimpan, menyebabkan kehilangan fokus. Sebagai gantinya Lana mulai bekerja dalam pelayanan masyarakat. "Menjangkau tunawisma, rehabilitasi obat dan alkohol, itulah hidupku selama lima tahun terakhir.
dan Lana akhirnya memutuskan untuk mengubah namanya sebagai Lana Del Rey, menandatangani kontrak rekaman bersama dengan Interscope Records dan Polydor.
 

lalu Lana merilis lagu 'Video Games' secara online pada Juni 2011, diikuti cideo di YouTube pada tiga bulan kemudian. dan Lagu 'Video Games' langsung memiliki 20 juta hits di Youtube sejak lima bulan di-posting, sejak saat itu Lana langsung mempunyai basis penggemar di internet :)

Lana del rey : "Saya hanya menempatkan lagu itu karena favorit saya. Jujur saja, itu tidak akan menjadi single, tetapi orang benar-benar menanggapi itu. Saya menjadi sangat sedih ketika saya memainkan lagu itu. Saya masih menangis kadang-kadang ketika saya menyanyikannya." -Lana del rey

Lana del rey : "Aku belajar bahwa tidak ada alasan mengapa orang memutuskan mereka menyukai musik tertentu. Bahkan jika Anda adalah penyanyi terbaik di dunia, ada kemungkinan tidak akan ada orang yang mendengarmu," - Lana del rey



Kemudian album 'Born To Die' dirilis pada Januari 2012. 'Born to Die' mencetak debut dengan menduduki peringkat pertama tangga lagu di tujuh negara termasuk Inggris dan Australia. Lana juga mendapatkan penghargaan International Breakthrough Act di Brit Awards 2011 dan Q's Next Big Thing dalam ajang Q Awards 2011. dan baru baru ini Lana juga memenagkan International Female solo artis di di Brit Awards 2013 :) mengalahkan pesaingnya Taylor swift, Alicia keys, rihanna (wow!)



single album Born to Die sudah ada 6 lagu, diantaranya video games, born to die, blue jeans, carmen, summertime sadness dan national antem.

menyusul kesuksesan Album Born to Die, Lana del rey merilis album barunya "Born to Die the Paradise Edition" yang berisi 2 CD yaitu Lagu Lagu Album Born to Die dan CD 2 berisi beberapa lagu baru.


Lana del rey : "Begitu rampung dengan Born to Die, saya kembali ke studio rekaman bersama Rick Nowels, yang tinggal di Santa Monica, California. Saya sempat istirahat selama satu bulan, dan beberapa bulan sebelum rekaman, saya selalu mampir ke Santa Monica untuk membuat lagu. Saya menyerahkan lagu-lagu yang telah saya buat di rumah kepada Rick, lalu mengaransemennya bersama-sama. It was really free and really raw. Saya merekam semuanya dalam satu kali take. Prosesnya benar-benar menyenangkan". (Lana del rey - hermagz)

kenapa di beri judul Paradise?
Lana del rey : "Semacam murujuk kepada pemikiran yang surgawi. “Paradise” adalah salah satu kata-kata favorit saya. Saya percaya dengan kekuatan dan keindahan kata-kata, dan karena saya sangat suka dengan kata itu, saya berusaha menempatkannya dimana saya bisa. Saya punya tatonya (sambil menunjuk ke tangan sebelah kirinya). Setelah Born to Die saya berpikir, “what comes next?”. Irama lagu-lagu di album ini sangat lembut dan bernuansa tropikal, dengan pacific coast sound yang kuat. Kebanyakan lagu-lagunya dibuat di Malibu, jadi memiliki west coast sound, cocok sekali diberi judul Paradise. Saya mencoba sesuatu yang berkesan tropikal". (Lana del rey - hermagz)

menurut saya, Lagu Lagu Lana Del rey bagus bagus semua.. dan Lana del rey sudah menjadi salah satu Musisi yang saya sangat sukai.. karena kenikannya, kecantikannya, lagu lagu sadcore yang menuh makna di setiap kekuatan lyric nya.
 

dan dari semua Lagu Lana yang sudah saya dengarkan saya lebih favorit banget sama lagu "RIDE" .. memang Lagu Lagu Lana memang bagus semua, tapi entah kenapa Lagu "Ride" menjadi begitu istimewa buat saya..
single pertama dari album Paradise ini music videonya menampilkan perpaduan keindahan cinematografi dan puisi.. tentang kebebasan, move on..
seperti beberapa penggalan puisi di video klip Ride seperti ini..

"...i was singer, not popular one. i once had a dream of becoming a beautiful poet, but upon an unfortunately series of event some of those dream dashed and divided like a million stars in the night sky i was wishes on over and over again, sparkling and broken..."
"...I was always an unusual girl. My mother told me I had a chameleon soul, no moral compass pointing due north, no fixed personality. just an inner indecisiveness that was as wide and as wavering as the ocean... And if I said I didn't plan for it to turn out this way I'd be lying... Because I was born to be the other woman. I belonged to no one, who belonged to everyone..."
"... i'm fuckin Crazy, but i am Free ... "


Lana del rey : "Iya. Sebenarnya itu seperti menceritakan untraditional tale. Saya hanya ingin bercerita tentang beberapa hal. Saya tahu betul kalau saya bukan penyanyi paling populer, tapi pada akhirnya goal saya yang sebenarnya adalah untuk merasa bebas dan menjadi kreatif. Sebagian menunjukkan sisi artistik, sebagian lagi saya melakukan hal-hal seperti bersepeda dan bertemu pria-pria baru. Itu adalah cara saya untuk kembali merasa bebas. It’s just my own personal things. I mean it’s just how I do it (tertawa)" - (Lana del rey - hermagz)

You May Also Like

9 comments

  1. wahhh saya juga fansnya Lana Del Rey dan sama lagu favorite saya RIDE

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai :)
      lagu Ride memang mempunyai keistimewaan sendiri ya,walaupun kebanyakan di lagu ini di dominasi vokal contralto dan sedikit falsetto.
      tapi kata katanya begitu indah dan suasana musik tropicalnya mengingatkan saya seperti di hometown.

      Hapus
  2. saya suka lagunya yg summertime sadness

    BalasHapus
    Balasan
    1. lagu summertime sadness juga di cover band symphonic metal favorite saya, Within Temptation. terimakasih sudah berkunjung :)

      Hapus
  3. miley cyrus juga coverin lagu summertime sadness haha belum tau ya??
    gue lebih seneng lagu blue jeans
    @ihsanhmaulana hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. tau kok. tapi miley cover lagu itu Live.. sedangkan Within Temptation buat lagu itu versi studio dan vokalisnya pernah interview Lana del rey langsung, Lana juga bilang dia juga suka sama band Within temptation. lagu favoritnya "ice queen" hehe FYI :)

      Hapus
  4. LDR banyak lagu unrelease nya yang bagus. kayak queen of disaster, hollywood dead dll
    kalo dr album terbaru ultraviolence lebih suka : west coast, shades of cool, old money. hehe
    visit juga www.ihsandonesian.blogspot.com

    BalasHapus
  5. Love yg paling fav kalo ane mah.. Bikin ngefly wkw

    BalasHapus
  6. Pembahasan yg sgt menarik :) sebelum nya aq cm tau lagu Lana Summertime Sadness, udh lama bgt aq taunya. Cuma baru2 ini keinget lagu itu, pas search di youtube, bnyk bgt lagu Lana, over all semua bagus, two thumbs up buat Lana, dan aq paling suka lagu Shades of Cool..

    BalasHapus